Jumat, 20 September 2019

Devinisi Kata HIKMAT

DEVI ISI KATA BIJAKSANA

Dalam Bahasa Yunani untuk menjelaskan kata Hikmat diterjemahkan dari  σοφια sophia atau σοπφος sophos  bisa juga φρονιμος phronimos  secara STATISTIK artinya adalah BIJAKSANA atau kebijaksanaan

KATA KEBIJAKSANAAN DALAM [Kamus Haag] DIJELASKAN BAHWA:

1.DI DALAM Perjanjian Lama (PL) Ajaran dalam kebijaksanaan Israel menunjukkan banyak kecocokan dengan Kebijaksanaan bangsa-bangsa tetangganya. Orang menghargai Kebijaksanaan Edom(Yer 49:7), Kebijaksanaan Mesir (Kej 41:8; 1 Raj 5:10; Yes 19:11; Kis 7:22), Kebijaksanaan Babilon (Yes 44:25; Yer 50:35; Dan 1:20) dan Kebijaksanaan Arab (Ams 30:1).

Secara pasti dapatlah ditarik kesimpulan, bahwa ajaran-ajaran dalam Kebijaksanaan tersebut telah mempengaruhi kebijaksanaan Israel, (Misalnya: Ams 22:17-23:11 sekurang-kurangnya secara tidak langsung tergantung pada kitab Kebijaksanaan Mesir Amen-em-ope).

Dari salah satu segi dapat dikatakan, bahwa Kebijaksanaan adalah kelakuan manusiawi lewat pengaruh pendidikan dan pengalaman. Dalam segi yang lain kebijaksanaan adalah sebuah sifat yang dikhususkan pada para ilah dan diberikan sebagai kurnia kepada beberapa pribadi perseorangan (Kej 2:17; 3:5,22; Ayub 15:8; Yeh 28:1-7).

Kedua segi pandangan tentang Kebijaksanaan itu nampaknya sejajar usianya dan berjalan berdampingan di dalam PL, meskipun asalnya berbeda. Segi yang pertama berkembang atas dasar pengalaman hidup yang praktis di dalam kalangan para bangsawan dan beralih pada sekolah para Ahli Kitab. Segi pandangan yang kedua berasal dari pandangan tertentu perihal Allah. Pada pokoknya segi pandangan yang kedua itu timbul pada para nabi dan pada cerita-cerita rakyat. Di dalam Kitab-kitab Kebijaksanaan  (Ayub.: /TB #Ams 1:1-9:18; Pkh.; Keb; Bar.) kedua segi pandangan itu baru menjadi satu.

1.Kebijaksanaan itu pertama-tama dipandang sebagai suatu pengetahuan dan kemampuan praktis, sebuah seni hidup (Ams 21:20 dbtl). Bijaksana adalah orang yang pandai (Kel 28:3; 1Raj 7:14; Yeh 27:8), pemberi nasihat yang cerdas (2Sam 13:3), orang yang terpelajar (Yer 2:8; 8:8-9), "penulis" di istana (2Raj 15:19). Mereka yang tergolong orang-orang bijaksana termasuk kelompok pemimpin di masyarakat (Yes 3:2-3) yang suka memberikan pengalamannya kepada para puteranya (Ams 13:1). Di kemudian hari para orang bijaksana terpilih dari para Ahli Kitab. Mereka mengajar akal-budi, pengertian, kecerdasan dan kepandaian untuk mencapai kebahagiaan hidup (Misalnya: Ams 14:15-16).K ebijaksanaan itu sekaligus merupakan sebuah kelakuan susila-religius yang baik. Orang bijaksana melakukan hal-hal yang berkenaan pada Tuhan  (Ams 6:16). Ia memenuhi hukum (/RAPC #Tob 4:6; Mazm 1:2).

2. "Pengetahuan tentang baik dan jahat" di dalam Kej 2:1-3:24 ditolak dari manusia, sebab membuatnya serupa dengan Tuhan. Para Nabi memuji Kebijaksanaan Allah (misalnya: Yes 28:29; 31:2;  Ayub 12:13-24) yang diberikan kepada perseorangan yang terpilih: Yusuf (Kej 41:8,38), Musa (Bil 11:17), Daud (2Sam 14:17), Daniel (Dan 1:17) dan lain-lain. Di sini Kebijaksanaan adalah sebuah pengetahuan yang adi-kodrati dan dikerjakan oleh Tuhan, yang analog dengan Rokh Allah (Kej 41:8; Yes 11:2-5).

3. Di dalam Kitab-kitab kebijaksanaan yang lebih muda boleh dikatakan, bahwa kebijaksanaan tetap merupakan sifat kodrati manusia, yang dikembangkan oleh pengalaman dan ajaran. Meskipun demikian kebijaksanaan selaku pemberian diterima orang dari Tuhan. (Ayub 11:6; Mazm 32:8 dan lain-lain), sehingga orang-orang bijaksana menggantikan tempat para Nabi (Keb 7:27). Di kemudian harinya kebijaksanaan dipandang konkrit sebagai pribadi (Ams 9:13) seperti nampak pada berbagai pengertian lainnya (misalnya: kebodohan). Pribadi itu tadi mempunyai tugas menasihati pada penciptaan dunia (Keb 7:22-8:1; bdk.: Keb 24:1-24). Dalam hal itu tidak dibicarakan soal pribadi yang nyata di samping Tuhan, melainkan merupakan sebuah sifat yang dipersonifikasikan pada Allah.

2. DI DALAM PB.

Kebijaksanaan manusia jarang sekali dipuji (Mat 12:42; Kis 7:22; 1Kor 3:10). Paulus bahkan menolak kecerdasan, pengetahuan dan ilmu (Rom 1:22; 1Kor 1:19-29). Kebijaksanaan seperti pada PL merupakan sebuah sifat (Wahy 7:12), tetapi juga sebuah pemberian karunia Tuhan (Luk 21:15; Kis 6:3; 1Kor 12:8; Ef 1:8-9 ). Kristus (1Kor 1:23-24 = identik dengan Kebijaksanaan Allah) adalah sumber Kebijaksanaan yang benar bagi seorang beriman.

Selanjutnya kata kebijaksanaan di jelaskan dalam ensiklopedia sedikit berbeda karena ensiklopedia menjelaskannya Hikmat

I. Dalam PL

Seperti halnya semua kebajikan intelektual Ibrani, hikmat (umumnya dipakai khokhma, meskipun dipakai juga kata-kata lain, ump: bina, 'pengertian', Ayb 39:20; tevuna, 'kebijakan', Mzm 136:5) senantiasa adalah praktis, bukan teoritis.

Pada dasarnya hikmat adalah kepintaran mencapai hasil, menyusun rencana yang benar untuk memperoleh hasil yang dikehendaki. Tempat kedudukannya ialah hati, pusat keputusan moral dan intelektual (1 Raj 3:9, 12).

Mereka yang memiliki kecakapan teknis disebut bijaksana, antara lain: Bezaleel, pengrajin kepala kemah pertemuan (Kel 31:3, TBI 'pengertian'); seniman patung (Yes 40:20; Yer 10:9); para perempuan peratap (Yer 9:17); para pengemudi kapal atau para pembuat kapal (Yeh 27:8,9). Hikmat praktis dapat membawa serta segi jahat, seperti dalam nasihat licik Yonadab (2 Sam 13:3).

Raja-raja dan para pemimpin secara khusus membutuhkan hikmat. Pada mereka bergantung keputusan-keputusan yang tepat dalam masalah sosial politik. Yosua (Ul 34:9), Daud (2 Sam 14:20), Salomo (1 Raj 3:9,12; 4:29 ) dikaruniai kebijaksanaan untuk memampukan mereka menunaikan tugas-tugas resmi mereka. Raja mesianik dalam Yes (11:2) akan dilengkapi dengan roh hikmat untuk menghakimi dengan adil. 'Penasihat Ajaib' (9:5) menandaskan bahwa nasihatnya akan mendampakkan hasil menakjubkan. Lih N. W Porteous, 'Royal Wisdom' dalam Wisdom in Israel and in the Ancient Near East.

Suatu kelas khusus orang bijaksana (laki-laki atau perempuan, 2 Sam 14:2) nampaknya berkembang selama pemerintahan monarki. Pada masa Yeremia, mereka mempunyai peranan penting disamping nabi-nabi dan para imam, sebagai yang berpengaruh besar atas masalah agama dan sosial. Tugas mereka ialah merumuskan rencana-rencana yang dapat dilaksanakan, menyusun nasihat untuk meraih hidup yang berhasil (Yer 18:18).

Orang bijaksana atau penasihat berperan sebagai 'bapak' dalam hubungannya dengan orang-orang yang kesejahteraan mereka bergantung pada nasihatnya. Misalnya, Yusuf menjadi 'bapak' bagi Firaun (Kej 45:8); Debora menjadi 'ibu' di Israel (Hak 5:7). Lih P. A. H de Boer, 'The Counsellor' dalam Wisdom in Israel and in the Ancient Near East.

Hikmat dalam arti utuh dan mutlak hanyalah milik Allah (Ayb 12:13 dab; Yes 31:2; Dan 2:20-23). Hikmat-Nya mencakup bukan hanya sempurnanya dan lengkapnya pengetahuan-Nya mengenai setiap segi bidang kehidupan (Ayb 10:4; 26:6; Ams 5:21; 15:3), tapi juga mencakup kedaulatanNya menggenapi tuntas apa yang ada dalam pikiran-Nya, dan yang mustahil dapat digagalkan
(J Pedersen, Israel: Its life and Culture, 1-2, hlm 198).

Alam semesta (Ams 3:19, 8:22-31; Yer 10:12) dan manusia (Ayb 10:8; Mzm 104:24; Ams 14:31; 22:2) adalah buah karya hikmat-Nya yang kreatif. Proses-proses alamiah (Yes 28:23-29) dan historis (Yes 31:2) di bawah kendali hikmat-Nya, meliputi pembedaan sempurna antara baik dan jahat dan merupakan dasar untuk pahala dan hukuman yang diperoleh orang benar dan orang jahat (Mzm 1;37;73;Ams 10:3; 11:4; 12:2). Hikmat yang demikian mustahil tergarapi (Ayb 28:12-21); Allah dalam rahmat-Nya harus menyatakannya kalau manusia hendak menggapainya juga (Ayb 28:23,28). Bahkan kebijakan yang berdasarkan kecakapan alamiah atau yg disaring dari pengalaman, adalah karunia rahmani, sebab kegiatan kreatif Allah sendirilah yg memungkinkan perolehan kebijaksanaan yg demikian itu.

Hikmat alkitabiah adalah sekaligus bersifat agamawi dan praktis, dan berasal dari 'takut kepada Tuhan' (Ayb 28:28; Mzm 111:10; Ams 1:7; 9:10). Hikmat berkembang menyentuh segenap hidup, seperti ditunjukkan dan dijelaskan secara luas dalam Ams. Hikmat memperoleh pengertian yg dikumpulkan dari pengetahuan tentang jalan-jalan Allah dan menerapkannya dalam hidup sehari-hari. Gabungan antara pengertian dan ketaatan ini (dan segala pengertian yg mendalam harus beralaskan ketaatan) menghubungkan hikmat dengan pengetahuan akan Allah, yg diberi penekanan oleh para nabi (seperti kasih yg tutus dan ketaatan) (ump Hos 2:20; 4:1, 6; 6:6; Yer 4:22; 9:3,6; dan terutama Ams 9:10).

Kebijakan kafir, kendati mungkin juga agamawi, tidak berlabuh dalam perjanjian Allah, dan karena itu pasti gagal, seperti seringkali ditunjukkan oleh nabi-nabi (Yes 19:11 dab; Yeh 28:2 dab; Ob 8). Apabila sekularisme, materialisme, dan penghinaan terhadap cita-cita perjanjian menggusur 'takut akan Allah' dari hikmat Israel, maka ia praktis menjadi ateisme, yg sama hambarnya dengan kebijakan kafir, atau seperti kecaman Yesaya, 'Celakalah mereka yg memandang dirinya bijaksana' (Yes 5:21; bnd Yes 29:14; Yer 18:18).

Masalah istimewa adalah mempersonifikasikan hikmat dalam Ams 8:22dab. Ayb 28 melakukan pempersonifikasian dengan melukiskan hikmat sebagai suatu rahasia yg tak terselami manusia, tapi jelas bagi Allah. Dalam Ams 1:20-33 hikmat disamakan dengan seorang wanita yg berseru-seru menghimbau sejumlah laki-laki supaya kembali dari jalan mereka yg bodoh, dan supaya mendapatkan pengajaran dan keamanan padanya (bnd juga Ams 3:15-20). Pempersonifikasian itu berlanjut dalam Ams 8dan mencapai kemuncaknya dalam ay 22 dab, yg di dalamnya hikmat menyatakan diri sebagai karya ciptaan Allah yg pertama dan, barangkali, pembantu dalam pekerjaan penciptaan (8:30, bnd 3:19; kata 'amon yg sulit itu, 'anak kesayangan' lebih baik diterjemahkan 'mandor', lih W. F Albright dlm Wisdom in Israel and in the Ancient Near East, hlm 8).

Bahwa hikmat menyebut satu per satu isi surat kuasanya, tujuannya ialah supaya orang benar-benar memperhatikannya, seperti ditunjukkan oleh 8:32-36. Karena itu, pembaca bagian ini harus berhati-hati terhadap pandangan hipostatisasi, yakni pandangan yg mengatakan bahwa hikmat mempunyai eksistensi yg mandiri. Penolakan yg khas Ibrani terhadap spekulasi dan abstraksi, seringkali membawa penyair-penyair mereka memperlakukan obyek-obyek yg tak bernyawa atau cita-cita seolah-olah memiliki kepribadian.

Lih H. W Robinson, Inspiration and Revelation in the Old Testament, 1946, hlm 260;

H Ringgren, Word and Wisdom, 1947. Mengenai pengaruh pempersonifikasian hikmat terhadap gagasan mengenai Logos (Firman) dalam Injil keempat, --> FIRMAN.

II. Dalam PB

Pada umumnya hikmat (sophia) dalam PB juga bersifat praktis, sama seperti dalam PL. Hikmat jarang netral (meskipun bnd 'hikmat orang Mesir', Kis 7:22); ia adalah karunia Allah atau melawan Allah. Kalau hikmat diceraikan dari penyataan Allah, maka hikmat itu dipermiskin kalau tidak hendak disebut dimandulkan (1 Kor 1:17; 2:4; 2 Kor 1:12) dan bodoh atau, paling jelek, malah jahat (1 Kor 1:19 dab; Yak 3:15 dab). Kebijakan duniawi didasarkan pada pranata dan pengalaman tanpa penyataan, dan dengan demikian sangat terbatas.

Kegagalan untuk mengakui keterbatasan-keterbatasan itu mendatangkan penghukuman alkitabiah atas semua (terutama orang Yunani) yg dengan sombong berusaha mengatasi masalah-masalah rohani dengan hikmat manusia.

Orang yg benar berhikmat ialah mereka yg kepadanya Allah memberikan hikmat sebagai karunia: Salomo (Mat 12:42; Luk 11:31), Stefanus (Kis 6:10), Paulus (2 Ptr 3:15), Yusuf (Kis 7:10). Salah satu dari karunia Kristus kepada murid-murid-Nya ialah hikmat untuk mengatakan hal yg benar pada masa-masa penganiayaan dan pencobaan (Luk 21:15). Hikmat yg sama dibutuhkan untuk memahami nubuat dan teka-teki apokaliptik (Why 13:18; 17:9). Hikmat mutlak perlu bukan saja bagi para pemimpin gereja (Kis 6:3), tapi juga bagi orang-orang percaya guna memahami maksud-maksud Allah dalam penyelamatan (Ef 1:8,9), dan supaya dapat berjalan seperti semestinya di hadirat Allah (Kol 1:9; Yak 1:5; 3:13-17), dan juga supaya berhati-hati di depan orang-orang yg tidak percaya (Kol 4:5). Sebagaimana Paulus telah mengajar para pendengarnya dalam segala hikmat (Kol 1:28), demikian pula hendaknya mereka yg telah cukup dewasa untuk memahami hikmat rohani (1 Kor 2:6, 7), wajib pula mengajar orang-orang lain di dalam hikmat (Kol 3:16).

Hikmat Allah jelas ditunjukkan dalam persediaan-Nya mengenai penebusan (Rm 11:33), yg dinyatakan dalam gereja (Ef 3:10). Itu dinyatakan dengan cara yg paling mantap 'bukannya di dalam suatu ajaran untuk kelompok terbatas... yg ditujukan kepada ... anggota-anggota suatu agama rahasia, melainkan dalam tindakan, yaitu tindakan Allah yg paling akbar dalam Kristus di kayu salib' (N. W Porteous, buku tersebut hlm 258). Hikmat ini, yg sebelumnya terselubung bagi manusia, tak tersaingi baik oleh hikmat filsafat maupun oleh kebijakan praktis. Usaha-usaha manusia yg paling jitu untuk menguraikan masalah-masalah keberadaan man sia nampak sebagai kebodohan dalam terang salib.

Kristus yg berinkarnasi menjadi daging bertumbuh dalam hikmat (Luk 2:40,52) sebagai anak-anak, dan sebagai manusia sejati Ia mencengangkan para pendengar-Nya dengan hikmat Nya (Mat 13:54; Mrk 6:2). Klaim diriNya meliputi hikmat (Mat 12:42) dan pengetahuan yg unik tentang Allah (Mat 11:25dab). Dua kali Ia mempersonifikasikan hikmat dengan cara yg mengingatkan orang pada Ams; Mat 11:19 (= Luk 7:35) dan Luk 11:49(Mat 23:34 dab). Dalam kedua ay itu Kristus mungkin mengacu pada diriNya sebagai 'Hikmat' meskipun itu tidak pasti, terutama dalam hal yg terakhir (lih Arndt, untuk tafsiran-tafsiran yg lain). Kristologi hikmat Paulus (1 Kor 1:24, 30) barangkali dipengaruhi baik oleh klaim-klaim Kristus maupun oleh kesadaran rasuli (berdasarkan ajaran-ajaran Kristus dlm Mat) bahwa Kristus adalah Taurat Baru, penyataan tentang kehendak Allah yg lengkap, yg menggantikan hukum lama. Karena perintah dan hukum dihubungkan dalam Ul 4:6, dan terutama dalam pikiran Yahudi (ump Ecclus 24:23; Apocalypse of Baruch 3:37 dst), maka bukannya tidak mungkin bahwa Paulus memandang Yesus, Taurat Baru, sebagai hikmat Allah. Bahwa Paulus melihat dalam Kristus penggenapan Ams 8:22 dab, itu kelihatan jelas pada Kol 1:15 dab, yg secara setia mencerminkan penggambaran PL tentang hikmat.

Kristologi hikmat Paulus adalah suatu konsepsi yg dinamis, sebagaimana diperlihatkan pada penekanan kegiatan Kristus dalam penciptaan, dalam Kol 1:15dab, dan dalam penebusan serta 1 Kor 1:24, 30. Ay-ay terakhir menegaskan bahwa dalam penyaliban, Allah membuat Yesus menjadi hikmat kita, suatu hikmat yg lebih jauh diterangkan sebagai merangkumi pembenaran, pengudusan, dan penebusan. Sebagai Tuhan Gereja yg disembelih lalu ditinggikan, Yesus dipuji sebagai layak untuk menerima hikmat (Why 5:12). 'Menerima' dalam ay ini berarti pengakuan atas sifat-sifat yg telah menjadi milik Kristus; sebab di dalam Dia'tersembunyi segala harta hikmat' (Kol 2:3).

Hikmat [Glosari AYT]

Kemampuan rohani untuk melihat dan menilai kehidupan dan kelakuan dari sudut pandangan Allah (Ams 1:2). Hal ini meliputi pengadaan pilihan yang tepat serta melakukan hal-hal yang benar menurut kehendak Allah yang dinyatakan dalam Firman-Nya dan pimpinan Roh (Rom 8:4-17). Kita dapat menerima hikmat ini dengan menghampiri Allah dan memohonnya dengan iman (ay. Yak 1:6-8; Ams 2:6; 1Kor 1:30).

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Statistik Pengunjung